Panduan Pemasangan Waterlic Ionizer

Jika menggunakan bahan baku air galon… 

Jika anda menggunakan air galon sebagai bahan bakunya, maka anda membutuhkan pompa Singflo. Prinsip kerjanya, pompa singflo yang terpasang pada galon akan menyedot air dari galon kemudian meneruskannya ke dalam mesin Waterlic.

(Jika anda menggunakan pre filter Waterflo, cukup pelajari bagian B di bawah ini. Cara pemasangan pre-filter Waterflo baca di sini.)

A. Memasang pompa Singflo

koneksingfloPemasangan pompa singflo cukup mudah. Silakan lakukan hal berikut:

  1. Buka kemasan pompa dan keluarkan semua aksesorisnya.
  2. Pasang pipa putih kaku ke dalam mulut galon.
  3. Pada kotak singflo, lihat ujung merah di kotak tersebut.
  4. Lepas ujung merah itu, dan masukkan ujung pipa ¼ sepanjang 50 cm ke dalamnya. Pipa inilah yang nanti anda sambungkan ke pipa 3/8 (warna coklat) bawaan mesin Waterlic.
  5. Colokkan kabel setelah siap digunakan.

B. Memasang Mesin Waterlic

Pemasangan pompa singflo dan Waterlic ionizer cukup mudah. Anda bisa lihat foto di bawah ini terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran bagaimana mesin ini nanti setelah selesai terpasang. Ini adalah hasil setelah mesin terpasang dan siap digunakan.

instalasi

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengeluarkan mesin Waterlic dulu dari kemasan beserta semua aksesorisnya.

Aksesoris yang terpakai pada model pemasangan ini adalah:

  • Outlet tube
  • Hose 3/8 inch
  • Inner filter ( activated carbon filter) – sudah terpasang

(Aksesoris yang tidak perlu dipakai: perlengkapan konektor kran.)

Mari kita mulai pasang satu per satu sesuai urutan berikut ini.

1. Memasang Hose (selang)

Buka kemasan hose (selang) dan potong menjadi dua. Misal kita sebut Selang 1 dan Selang 2.

Gunakan Hose 1 untuk mengalirkan air dari pompa singflo menuju mesin Waterlic. Jadi, pasang ujung A ke pompa singflo, dan ujung B ke lubang INLET (di bawah mesin Waterlic).

Pada ujung A, saat memasang ke pompa singflo besarnya selang tidak sama. Selang bawaan singflo adalah selang putih berukuran ¼, sedangkan selang bawaan mesin Waterlic adalah selang coklat berukuran 3/8. Untuk menghubungkan kedua selang, cukup langsung masukkan selang putih ke dalam selang coklat. Ini sudah cukup baik tersambung. Untuk menghindari kebocoran, masukkan selang putih sedalam mungkin ke selang coklat agar sambungan semakin erat.

Selang 2 digunakan sebagai saluran pembuangan limbah air Waterlic. Pasang selang ujung A ke lubang OUTLET (di bawah mesin Waterlic) dan ujung B biarkan terbuka.

Agar rapi, sisipkan kedua selang tersebut (selang 1 dan 2) melalui lubang samping body mesin.

2. Memasang Outlet tube (utk output primer)

Ini adalah pipa logam yang akan mengalirkan hasil ionizer. Cara pasangnya sangat mudah. Anda cukup menghubungkan tube tersebut ke lubang pada bagian atas mesin Waterlic. Putar searah jarum jam untuk mengencangkannya.

3. Memasang Inner Filter

Anda sudah tidak perlu memasang inner filter (activated carbon filter) karena sudah terpasang di dalam mesin. Tetapi untuk mengetahui bagaimana cara bongkar pasangnya, silakan ikuti langkah berikut ini.

  1. Copot kabel listriknya terlebih dahulu.
  2. Buka cover belakang.
  3. Putar melawan arah jarum jam untuk melepas menggunakan alat pemutar yang sudah disediakan.
  4. Pasang dengan filter yang baru dengan memutar searah jarum jam menggunakan alat pemutar yang telah disediakan.
  5. Kembalikan cover belakangnya.
  6. Selesai.

Setelah semua terpasang, mesi siap digunakan.

C. Cara menggunakan mesin

Setelah seluruhnya terpasang dengan baik, sekarang saatnya menggunakan mesin ini. Silakan ikuti langkah berikut:

  1. Pastikan kabel listrik mesin Waterlic dan pompa sudah terpasang.
  2. Pastikan selang output sekunder mengarah ke wadah penampungan dan outlet tube (output primer) sudah mengarah ke wadah siap minum.
  3. Tekan tombol “Alkaline 1 atau 2 atau 3” sesuai keinginan hingga tombol tersebut menyala.
  4. Tekan on pada singflo (pastikan langkah 3 sudah benar) untuk mulai memompa.
  5. Air akan mengalir keluar dari kedua saluran, yaitu output primer dan sekunder.
  6. Anda bisa memanfaatkan seluruh output tergantung tujuan pengguanaan anda.

Catatan: Jika anda memilih tombol acid, saat mesin dijalankan akan terdengar nada peringatan. Tujuannya, untuk memberitahu anda air yang dihasilkan ini jangan diminum.

hasiltes

Hal yang perlu anda perhatikan saat menggunakan mesin Waterlic:

  • Untuk pemakaian pertama kali, biarkan air hasil terbuang dulu selama 2 menit untuk memastikan air bersih dari material inner filter.
  • Untuk memberikan hasil yang lebih baik, pastikan rasio laju air adalah 1,5 liter per menit. Anda bisa lihat di layar indikator. Jika laju air lebih dari 2 liter per menit, hambatlah alirannya dengan menekuk pipa ¼ inch pada pompa singflo. Tahanlah dengan karet untuk menjaga laju airnya.
  • Jika laju air terlalu kecil, misal dibawah 1 liter per menit, maka mesin tidak akan bekerja. Layar akan menampilkan warna merah menandakan proses elektrolisis tidak berjalan. Anda harus menaikkan laju airnya menjadi sekitar 1,5 liter per menit untuk hasil terbaik.
  • Setiap pagi, nyalakan mesin selama 30 detik dan buang semua airnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Lakukan ini setiap pagi.
  • Anda bisa gunakan mesin ini secara menerus maksimal 60 menit (untuk alkali 1 dan 2) dan 30 menit untuk alkali 3 dan 4). Isitrahatkan mesin selama 10 menit sebelum menggunakannya lagi. Ini untuk menjaga kualitas filter dan umur mesin.
  • Untuk setiap 10 liter air galon, anda akan menghasilkan 5 liter air alkali. Sisanya mejadi limbah yang bersifat acid. Air limbah bisa anda manfaatkan untuk penggunaan luar.
  • Jangan cuci casing mesin Waterlic secara langsung menggunakan alkohol atau sabun. Cukup pakai lap basah saja.
  • Jangan masukkan air panas lebih dari 40 derajat Celcius ke dalam mesin karena bisa merusak komponen yang ada di dalamnya.
  • Jauhkan dari panas matahari dan alat dapur penghasil panas (kompor dsb).
  • Pastikan anda mengganti inner filter secara berkala setiap pemakaian 6000 liter. Periode ini bisa lebih cepat atau lambat tergantung kualitas air baku yang anda pakai.
  • Jangan buka bagian dalam mesin ionizer. Hanya boleh dilakukan oleh tenaga ahli kami.
  • Mesin jangan dibanting, dipukul atau ditindih.
  • Pastikan kabel listrik dicabut jika anda berencana tidak menggunakannya dalam waktu lama ( 3 hari atau lebih).

Untuk memastikan anda mendapat manfaat maksimal dari mesin ini, pastikan anda mengikuti peringatan kesehatan berikut ini.

Peringatan kesehatan:

  • Jangan gunakan air PDAM sebagai bahan baku tanpa terlebih dahulu menyaring menggunakan pre-filter. Air PDAM yang digunakan pum harus tampak jernih dan segar sebelum di alirkan ke pre-filter.
  • Jangan gunakan air sumur sebagai bahan baku walaupun anda telah menggunakan pre-filter karena kandungan zat berbahaya masih terlalu tinggi. Kecuali anda berada di daerah dengan kualitas air gunung yang masih segar dan bersih.
  • Jangan simpan air alkali terlalu lama karena kandungan antioksidan dan pH alkali bisa menurun. Jika anda menyimpan di kulkas, maksimal gunakan dalam 2 hari. Jika dalam botol tertutup, maksimal satu hari. (aturan ini berlaku pada semua jenis air alkali produksi mesin manapun, termasuk mesin kangen)
  • Jangan minum obat menggunakan air alkaline 1, 2, dan 3.
  • Jangan gunakan wadah alumunium dan tembaga sebagai wadah minum untuk menghindari reaksi kimia dengan air alkali.
  • Air alkali yang boleh diminum adalah pada level pH 7,5 hingga 9,5. Selebihnya dilarang diminum untuk menghindari efek negatif pada tubuh.
  • Jangan minum air acid. Air acid (pH 4 – 6) hanya boleh digunakan untuk pemakaian luar seperti kecantikan dan pembersih.

Catatan:

Settingan mesin lebih lanjut silakan baca di buku manual yang kami sertakan di dalam kemasan mesin Waterlic.